Kamis, 01 November 2012

TIPS DAN DEKORASI PESTA PERNIKAHAN




TIPS PESTA PERNIKAHAN

Agar Pesta Pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti bertanya pada teman atau saudara yang baru saja mempunyai hajat yang sama, kita cermati apa yang telah mereka lakukan, vendor siapa yang dipilih. Kita ambil kelebihan-kelebihannya dan kita sempurnakan kekurangan-kekurangannya. Berikut ini ada beberapa tips yang layak untuk dipertimbangkan:

• Tips Memilih Panitia Pernikahan

Mempersiapkan pernikahan memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, perlu dibentuk penitia pernikahan seperti berikut:
  1. Buatlah susunan panitia pernikahan yang terdiri dari among tamu, penerima tamu, pagar ayu, pagar bagus, pengiring pengantin, penjaga katering, penjaga busana, penjaga uang amplop dan lain sebagainya.
  2. Sebaiknya dalam membentuk panitia pernikahan, libatkan saudara dam kerabat terdekat agar suasana keakraban dari keluarga kedua belah pihak kian terbina.
  3. Susun panitia pernikahan minimal 3 bulan sebelum hari pernikahan.
  4. Pilihlah orang-orang yang bisa mempertanggungjawabkan tugasnya masing-masing. Kita yang memilih , bukan orang lain, jadi semacam penunjukan menjadi panitia. Nanti ketika rapat panitia, kita tinggal mengumumkan tugas mereka apa saja. Kalo dalam rapat masih menentukan siapa menjadi apa, nanti rapat akan berlarut-larut.
  5. Sebaiknya jangan memilih panitia yang masih punya anak bayi, kecuali jika bayinya ada yang menjaga. Selain karena kasihan pada bayinya, yang bersangkutan juga tidak bisa bertugas maksimal.
• Tips Merancang Tema Pernikahan
Siapa yang tidak ingin pernikahannya berkesan hingga bisa dikenang sepanjang hayat? Tak ada salahnya jika Anda membuat pesta pernikahan dengan merancang tema.
  1. Diskusikan dengan calon suami Anda serta keluarga kedua belah pihak, tema apa yang akan diusung. Misalnya tema seribu satu malam, tema pesta kebun (garden party), atau tema kembali ke alam (back to nature). Ekspresikan diri Anda dan calon suami dalam mewujudkan pesta pernikahan yang berkesan.
  2. Sesuaikan tema pernikahan dengan dana yang tersedia, jangan sampai biaya membengkak hanya karena obsesi sebuah pesta pernikahan yang unik.
  3. Jika tak ingin repot dalam merancang konsep tema pernikahan, pemilihan tema sebaiknya didiskusikan dengan pihak wedding organizer agar ada keselarasan dengan tema yang Anda inginkan.
  4. Jika sedang musim hujan, jangan ambil resiko untuk mengadakan pesta kebun.
  5. Untuk menunjang tema pesta, gaun pengantin juga perlu disesuaikan dengan tema pesta pernikahan agar pengantin tidak salah kostum.
• Tips Memilih Menu catering
Menu pernikahan menjadi sajian yang istimewa sehingga perlu diperhatikan secara matang dan juga penanganan khusus.
  1. Pilihlah menu dengan menggunakan bahan makanan yang segar.
  2. Pilihlah menu dengan cita rasa masakan Indonesia (sesuai dengan cita rasa para undangan), tak ada salahnya jika ingin ditambah makanan internasional sebagai pelengkap (komplementer).
  3. Sajikan menu utama di bufe, sedangkan makanan lainnya ditempatkan di gubuk-gubuk. Namun tetap utamakan cita rasanya.
  4. Sebaiknya perhitungkan waktu memasak dan saat menyajikan. Jangan lupa minta panitia dan bagian dapur untuk mencicipi hidangan sebelum dihidangkan, jangan sampai menanggung malu gara-gara menyajikan makanan basi.
  5. Jangan lupa sajikan buah-buahan dan dessert atau hidangan penutup sebagai penyeimbang makanan utama yang sudah berat.
• Tips Memilih Seragam
Agar pernikahan tampak menawan dan serasi, sebaiknya panitia dan pagar ayu mengenakan pakaian seragam. Jadi, simak tip berikut:
  1. Pilihlah seragam untuk pagar ayu dan pagar bagus yang serasi dengan warna baju pengantin.
  2. Untuk seragam panitia dan pagar ayu, jangan gunakan warna yang lebih terang dari baju pengantin.
  3. Sebaiknya warna seragam panitia lebih tua dibandingkan seragam pagar ayu dan pagar bagus. Kesannya, agar seragam pagar ayu tampak lebih menonjol.
  4. Hitung dengan baik berapa jumlah penitia pernikahan Anda hingga seragam tidak berlebihan atau tidak kekurangan.
  5. Pilihlah bahan yang nyaman dan mewah untuk seragam panitia agar terlihat lebih anggun dan menawan.

Tips Menghias Dekorasi Kamar Pengantin Dengan Rangkaian Bunga Segar

dekorasi-kamar-pengantin-1Menghias kamar pengantin adalah salah satu prosesi yang harus dipersiapkan sebelum pernikahan berlangsung. Kamar pengantin adalah ruangan pertama yang akan ditempati kedua mempelai, doa dan harapan dari pasangan suami istri terjadi di sini. Dekorasi kamar pengantin, tak hanya sekadar memasang perlengkapan tidur terbaik juga dapat ditambah rangkaian bunga segar di sudut ruangan.
Persiapan membuat dekorasi kamar pengantin apakah ingin  dibuat dengan dekorasi sederhana, minimalis atau dekorasi modern harus disesuaikan dengan keinginan kedua mempelai dan juga tradisi keluarga. Dekorasi bunga pada kamar pengantin minimalis (sederhana) biasanya hanya berupa rangkaian bunga segar di kepala tempat tidur disertai 2 buah standing flower di kedua sisinya.
Pada dekorasi kamar pengantin modern anda dapat menambahkan rangkaian bunga pada bagian atas tirai jendela, pintu kamar pengantin dan juga rangkaian bunga cantik pada meja kamar. Anda juga dapat menghiasi tempat tidur dengan taburan kelopak mawar.
Dalam pemilihan bunga dekorasi kamar pengantin, pastikan jenis bunga dan warna yang sesuai dengan gaya pernikahan yang anda pilih (minimalis atau modern). Pilihlah bunga segar yang tidak mudah layu, seperti bunga matahari, dahlia, dan bunga lili. Gunakan bunga yang beraroma casual seperti bunga casablanca. Jangan menggunakan bunga beraroma kuat seperti melati.







dekorasi-kamar-pengantin-3    


dekorasi-kamar-pengantin-2  dekorasi-kamar-pengantin-5

DEKORASI RUANGAN PENIKAHAN



Pernikahan merupakan saat-saat terpenting di dalam kehidupan manusia. Sebagai salah satu hal yang sangat penting, tak jarang pasangan pengantin merencanakan dekorasi pernikahan yang glamor dengan menelan dana yang tidak sedikit.
Namun, bagamana dengan Anda? Apakah Anda juga merencanakan dekorasi pernikahan yang banyak menelan dana?
Sebaiknya Anda berpikir ulang jika menjawabnya “YA”, karena sekarang sudah banyak diterapkan konsep dekorasi minimalis untuk acara pernikahan. Konsep ini tidak memakan banyak biaya dan juga tidak mengurangi sedikit pun esensi dari pernikahan itu sendiri. Bagi Anda yang sedang melakukan persiapan pernikahan, konsep dekorasi pernikahan minimalis ini patut menjadi referensi Anda.
Mari kita awali dari desain undangan pernikahan. Untuk kartu undangan pernikahan yang minimalis, Anda dapat menggunakan kreatifitas Anda untuk menciptakan kartu undangan yang simple namun elegan. Ada banyak contoh undangan pernikahan di internet yang dapat Anda adopsi. Yang terpenting dalam undangan pernikahan adalah informasinya tepat dan memberikan kesan tersendiri, terlebih harus menghemat biaya.


 
Berbicara tentang desain ruangan pesta, pada dekorasi ruangan pesta pernikahan umumnya menggunakan banyak ornamen sehingga tampak megah. Namun tidak demikian jika Anda menggunakan konsep minimalis. Anda dapat menganti ornamen pernikahan dengan tanaman bunga yang tumbuh disekitar anda. Tampilkanlah desain ruangan yang “go green” dan nyaman dipandang mata. Usahakan semua ornamen yang digunakan usefull dan bermanfaat.
Anda juga perlu memperhatikan desain cincin pernikahan. Hal ini penting meskipun hanya sedikit orang yang memperhatikannya saat acara pernikahan berlangsung. Carilah model cincin pernikahan yang simple dan modern. Cincin pernikahan dapat berbahan emas, perak, atau perpaduan dari keduanya. Carilah dengan ukuran yang pas agar tidak terjadi masalah saat memasukkannya dijari anda. Pelajari juga tips memilih cincin pernikahan.
Yang terakhir mengenai dekorasi pernikahan minimalis adalah gaun pengantin. Untuk Gaun Pengantin pernikahan, Anda dapat berkonsultasi dengan desainer langganan anda. Sampaikan kepada sang desainer bahwa konsep pernikahan yang Anda ambil adalah konsep minimalis sehingga desainer pun paham bahan apa yang pas digunakan untuk gaun pengantin.
Sebagai informasi, gaun pengantin pada konsep dekorasi pernikahan yang minimalis lebih sedikit menggunakan aksesoris. Model gaun ini lebih menekankan pada bentuk yang simple dan elegan jika dipakai oleh pengantin. Sehingga penggunaan asksesorisnya pun disesuaikan dengan karakteristik calon pengantin. Anda dapat mencari referensi model gaun pengantin yang sesuai dengan dekorasi pernikahan Anda di internet.
berikut beberapa contoh dekorasi ruangan pesta pernikahan 

(indoor)
     

 

(outdoor)

   

 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar